Yessi Enggar Raih Putri Budaya Indonesia Intelegensia Dalam Ajang Nasional Putra Putri Budaya Indonesia 2024 Yang di Selenggarakan di Sulawesi Tengah,

Jampironews.com

‎Sulawesi Tengah– Ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia (PPBI) tahun 2024 telah sukses diselenggarakan pada 2-6 Oktober 2024 di Sulawesi Tengah, yang dikenal sebagai “Negeri 1000 Megalit”. Acara yang sudah memasuki tahun ketiga ini menjadi wadah penting bagi generasi muda Indonesia untuk terlibat aktif dalam pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan budaya Indonesia.

 

‎Hari pertama ajang PPBI 2024 dimulai dengan kedatangan para finalis dari seluruh provinsi Indonesia di Hotel Best Western Coco, Palu, Sulawesi Tengah. Kegiatan diawali dengan pemberian materi dan sesi pemotretan. Reko Serasi, National Director Putra Putri Budaya Indonesia, menyampaikan kebanggaannya bahwa ajang berskala nasional ini kembali bisa terselenggara, khususnya di Sulawesi Tengah.

‎”Ini menjadi kesempatan berharga bagi para finalis untuk memperluas pengetahuan budaya dari berbagai provinsi, terutama Sulawesi Tengah, serta memperkaya diri dan menjalin relasi dengan sesama generasi muda se-Indonesia,” ujarnya.

‎Pada hari pertama, para finalis menerima materi dari Mehdiantara Datupalinge, S.H., yang menekankan pentingnya pemahaman budaya dari setiap provinsi. “Tanggung jawab Putra Putri Budaya Indonesia sangat berat, terutama dalam menjaga eksistensi dan esensi budaya,” ujarnya. Selain itu, arkeolog dan pengamat budaya Indonesia, Drs. Iksam Seraalfamaik Djorimi, M.Hum., juga memberikan pandangan mengenai pentingnya ajang ini dalam menggali potensi generasi muda sebagai penjembatan masa lalu, sekarang, dan masa depan budaya Indonesia.

‎Ajang PPBI telah konsisten menjadi platform penting dalam pelestarian budaya, salah satunya dengan menerbitkan buku budaya setiap tahunnya. Acara ini juga dirangkai dengan city tour, mengunjungi situs megalit dan objek wisata budaya di Sulawesi Tengah.

‎Malam Grand Final Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia 2024 digelar pada 4 Oktober 2024 di Grand Ballroom Hotel Best Western Coco Palu. Salah satu peserta putri budaya Indonesia berbakat Yessi Enggar berasal dari Joyakarta dinobatkan sebagai Putri Indonesia Intelegensia, dalam Putri Budaya Indonesia 2024.

Kepada Awak Media Yessi Enggar menyampaikan, “bahwa kegiatan ini memberikan wadah bagi generasi muda yang peduli terhadap budaya Indonesia, ajang ini merupakan platform yang sangat positif untuk pemuda Indonesia.

‎Gubernur Sulawesi Tengah, yang diwakili oleh Asisten 1 Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, menyampaikan rasa bangga karena Sulawesi Tengah dapat menjadi tuan rumah ajang bergengsi ini. Pemerintah daerah pun memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang mengangkat budaya ini. Wahyu Listyaningsih, S.Sn., dari Dirjen Kebudayaan RI, juga menyampaikan dukungan Direktorat Kebudayaan RI atas inisiatif PPBI, dengan harapan ajang ini terus berkembang di masa depan.

‎Ajang Putra Putri Budaya Indonesia 2024 di Sulawesi Tengah ini sukses mengukuhkan peran generasi muda sebagai agen pelestarian budaya Indonesia.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *